Blog Image

Jusuf Kalla : Resmikan Virtual Politeknik AKBARA

Palang Merah Indonesia (PMI) menggalakkan penguatan solidaritas kemanusiaan dalam menghadapi pandemi covid-19. Masyarakat diajak terlibat bersama-sama dalam penanganan pandemi ini. Cuci tangan, disiplin menjaga jarak dan pakai masker adalah bukti solidaritas warga dalam penanganan pandemi ini. 

Solidaritas untuk kemanusiaan, menjadi tema hari ulang tahun (HUT) PMI ke-75 yang diperingati 17 September 2020 (Kamis, 17/9/2020). Sejumlah rangkaian kegiatan virtual digelar dalam peringatan tersebut. “Tema HUT PMI ke 75, Tahun 2020 sebagai Tahun Solidaritas Kemanusiaan. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat, pemerintah, lembaga-lembaga dan juga relawan PMI serta semua yang telah membantu PMI, atas dedikasinya sehingga PMI dapat mengabdi di negara ini,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) saat peringatan Nasional untuk pertama kalinya disiarkan secara daring dan diikuti seluruh komponen PMI di seluruh Indonesia dan mitra-mitra PMI.

Dampak pandemi covid-19 dirasakan hampir semua pihak. Untuk meringankan beban akibat pandemi ini, dibutuhkan solidaritas bersama untuk kemanusiaan. Tidak hanya bergantung pada peran beberapa pihak, masyarakat secara langsung dapat terlibat dalam upaya tersebut. “PMI akan selalu siap membantu pemerintah dalam penanganan pandemi ini. Sejak awal penetapan pandemi misalnya, PMI melakukan mitigasi, pencegahan, serta disinfeksi di seluruh indonesia. Sebanyak kurang lebih 2 juta relawan PMI dikerahkan dalam operasi kemanusiaan itu,” jelasnya.

Jusuf Kalla juga meresmikan secara simbolis Polteknik AKBARA (Abdi Kemanusiaan untuk Bangsa dan Negara) Surakarta, dengan menandatangai prasasti secara simbolis dari Jakarta dan disaksikan langsung melalui daring oleh Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto, Ketua PMI Surakarta Susanto Tjokrosoekarno, Wakil Walikota Ahmad Purnomo dan jajaran Muspida Kota Surakarta di Kampus Politeknik Akbara Surakarta, Mojosongo Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasinya kepada PMI yang terus membantu tugas-tugas kemanusiaan di Jawa Tengah. “Saya menyaksikan langsung peran teman-teman PMI dalam setiap kegiatan kemanusiaan di Jawa Tengah. Adanya Politeknik AKBARA ini memperkuat peran intelektual yang sangat bermanfaat bagi Jawa Tengah. Selamat memperingati HUT PMI ke-75, semoga semakin bermanfaat,” kata Ganjar melalui daring juga dari Semarang.

Ketua PMI Surakarta Susanto Tjokrosoekarno, menjelaskan, Politeknik AKBARA ini memiliki program studi D3 Teknologi Bank Darah, D4 Manajemen Penanggulangan Bencana dan D4 Bisnis Digital. “Kita selalu menanamkan rasa kepedulian kepada seluruh lapisan masyarakat melalui lembaga pendidikan, dengan harapan besar lulusan AKBARA dapat berguna bagi bangsa dan negara,” kata Susanto dalam sambutannya.

Rangkaian hari jadi PMI ke-75 ini akan berlangsung selama setahun. Sejumlah kampanye nasional dalam rangka peringatan ini di antaranya gerakan nasional cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan kampanye pakai masker. PMI di seluruh Indonesia akan mengemas kampanye tersebut secara kreatif dalam bentuk audio viusal ataupun musik.