Blog Image

PMI SOLO DISTRIBUSIKAN 9000 PAKET SOLO BERSAMA SELAMANYA (SBS)

Palang Merah Indonesia Kota Surakarta/PMI Solo kembali distribusikan paket sembako Solo Bersama Selamanya, total 9000 paket yang telah di distribusikan sejak 08/05/2021 sabtu lalu.

Panitia Solo Bersama Selamanya (SBS) sebelumnya telah menyerahkan secara simbolis paket sembako untuk warga masyarakat Solo yang kurang beruntung. Penyerahan secara simbolis diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming di Loji Gandrung, Kamis (06/05/2021). 

Kepala markas PMI Solo, DR. Agus Setyo Utomo, S.E, M.Si, Ak. CA, CPA, menyampaikan bahwa sama sepertihalnya SBS ditahun sebelum-sebelumnya, PMI Solo turut andil dalam pembagian paket ini, kali ini kami terjunkan 500 relawan dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang telah tersebar di semua kelurahan di kota Solo dan juga unit Korsp Sukarela (KSR).

Koordinator SBS 2021 Gareng S Haryanto dalam sambutannya menuturkan tahun ini target paket sembako berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Tahun ini tidak bisa menyediakan terlalu banyak seperti sebelum pandemi. Namun dari target 6 ribu paket bapak ibu panitia berjuang keras sehingga terkumpul 9 ribu paket. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan”, terang Gareng. 

Gareng mengatakan, paket sembako ini tidak dibagikan secara langsung di lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

“Paket diserahkan pada masyarakat lewat kecamatan. Total 628 RW, masing-masing RW mendapat kurang lebih 13 KK. Kita sudah ada data dari RW untuk KK yang membutuhkan. Supaya aman dan tidak berkerumun kita serahkan satu persatu”, urai Gareng. 

Sumartono Hadinoto, CEO dan Sekertaris PMI Solo yang juga sebagai Koordinator SBS menambahkan dalam situasi pandemi panitia sungkan untuk mencari donatur seperti tahun sebelumnya. Sumartono mengungkapkan tahun ini Panitia SBS juga melibatkan UMKM untuk menggeliatkan pergerakan ekonomi UMKM. 

“Salah satu isian dari paket ini adalah produk UMKM.  Kita gandeng 200 an UMKM supaya UMKM juga bisa berjalan. Semoga SBS yang akan datang lebih meriah, lebih banyak bisa memberi support bagi masyarakat yang membutuhkan”, harap Sumartono. 

Usai menyerahkan paket sembako pada masing-masin kecamatan, Wali Kota Gibran menyampaikan terima kasih atas kepedulian SBS yang tetap memberikan bantuan meskipun masih dalam kondisi pandemi. 

“Kami menerima 9 ribuan paket sembako apalagi menjelang Hari Raya partisipasi ini semoga bisa meringankan beban warga Solo. Satu hal yang saya suka adalah bantuan ini melibatkan UMKM sehingga UMKM juga ikut dilarisi”, pungkas Gibran.