Pelatihan

Bidang Pelatihan bertugas memfasilitasi pelatihan tentang penanganan kasus-kasus kegawatdaruratan yang mengancam jiwa. Pelatihan ini sering disebut dengan Pelatihan PPGD (Penanganan Penderita Gawat Darurat), diharapkan dengan adanya pelatihan ini semua orang mampu memberikan pertolongan pertama dengan tepat, sehingga angka kematian dalam pemberian pertolongan pertama dapat diminimalkan.

Mengapa Pelatihan PPGD ini penting? Karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh salah satu lembaga survey independen Nasional pada tahun 1991, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa korban meninggal karena luka-luka berjumlah 50.000 orang. Dan dari angka tersebut, 4000 orang meninggal di rumah sakit. Hal ini menunjukkan masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat mengenai pertolongan pertama.

Melihat pada hal tersebut, maka PMI Kota Surakarta berusaha menyebarluaskan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada siapa saja yang membutuhkan, agar dapat memberikan pertolongan pertama kepada korban sebelum mendapat pertolongan dari paramedis.